Rabu, 12 Maret 2014

PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI



PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI

PERENCANAAN

                Sering kali orang mengatakan bahwa orang yang gagal membuat rencana maka ia orang merencanakan yang gagal. Lee lacocca (1984), menisbahkan kesuksesannya pada para perencanaan.

1.       PERENCANAAN INSTRUKSIONAL

                Perencaan instruksional adalah pengembangan atau penyusunan strategi sistematik dan tertata untuk merencanakan pelajaran. Setiap orang pasti mempunyai perencaan baik dalam kehidupan sehari-hari ataupun dalam karirnya. Contohnya seorang guru. Ia harus memilki [erencanaan yang baik untuk ia mengajarkan sesuatu pada muridnya. Fungsi rencana itu akan membuuat anda percaya diri, membantu anda untuk memasukkan topic-topik yang amat penting, dan memaksimalkan waktu anda selama dikelas ataupun  dikehidupan anda.

2.       KERANGKA WAKTU

Dalam menyusun rencana yang sistematis, kita harus terlebih dahulu membutuhkan pengetahuan tentang apa-apa saja yang perlu dilakukan dan kapan melakukannya. Sebelumnya kita harus membuat apa yang akan kita lakukan dan kapan kita melakukannya.

TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN 

                Teknologi adalah tema penting dalam pendidikan sehingga selalu dibahas dalam setiap saat.

REVOLUSI TEKNOLOGI

                Teknologi dari tahun ke tahun akan berubah. Mulai dari dulu seseorang yang hanya menulis di batu hingga kini orang menulis dengan touchscreen.  Begitu juga dengan hal pendidikan, mulai dari dulu orang yang hanya belajar dengan saling berbicara secara langsung, sekarang kita belajar dengan menggunakan internet atau belajar e-learning.  Dengan smartphone ataupun yang lain seperti laptop atau computer selama koneksi internet berjalan dengan baik.
                e-learning sudah sangat populer digunakan di dunia amerika ataupun eropa. Kebanyakan sekolah telah memakainya. Dan di Indonesia sendiri sudah mulai digunakan diberbagai sekolah di Indonesia terutama di ibukota Indonesia. Jadi siswa tidak hanya bertatap muka dengan teman ataupun guru secara langsung. Tapi dengan chat ataupun video call siswa bisa belajar. Tanpa memandang jarak yang anda antara siswa dan guru.
                Dalam pembelajaran e learning, para siswa dituntut untuk mengikuti jaman yang ada, setiap orang harus punya seperangkat alat yang digunakan untuk mengakses internet. Misalnya computer, laptop ataupun smartphone. Beberapa istilah yang harus diketahui oleh siswa sebelum memulai e-learning :
1.       Internet
Internet adalah inti dari komunikasi melalui computer. Dimana system internet berisi ribuan jaringan computer yang terhubung di seluruh dunia, menyediakan informasi yang tak terhingga yang dapat di akses murid.
2.       www ( world wide web)
www adalah system pengambilan informasi hypermedia yang menghubungkan berbagai materi internet.
3.       Website
Website adalah lokasi individu atau oerganisasi di internet. Website menampilkan informasi yang dimasukan oleh individu atau organisasi.
4.       E-mail
Singkatan dari electronic mail. Merupakan bagian penting lain dari internet. Pesan dapat dikirim.

STANDAR UNTUK MURID YANG “MELEK TEKNOLOGI”

Setiap grade memiliki standar masing-masing. Maka dari itu, Internasional Society for Technology in Education (2000) bekerja sama dengan US Departement of Education, telah mengembangkan standar untuk murid guna mencapau levelgrade yang berbeda. Berikut in adalah riskasan dari standar untuk grade pra-taman kanak-kanak sampai grade 2, 3 sampai 5, grade6 dampai b, dan 8 sampai 9 sampai.

Pra-taman Kanak-kanak Sampai Grade Dua


  • Gunakan alat input (seperti mouse, keyboard, atau remote control) dan alat output (seperti monitor dan printer) untuk mengoperasikan computer.

  •  Gunakan variasi media dan teknologi untuk mengarahkan aktivitas pembelajaran yang independen.
  • Gunakan sumber daya multimedia yang pas, seperti buku interaktif, software pendidikan dan lain-lain.

  • Kerjasama dengan orang lain (teman, keluarga) dalam menggunakan internet.

  • Gunakan sumberdaya teknologi seperti tekateki, kamera digital, dan lainlain.

  • Tunjukan perilaku etis dan social yang positif saat menggunakan teknologi.
Grade 3 Sampai 5
  • Gunakan keyboard dan alat input dan output lain secara efektif.
  • Diskusikan tentang keuntungan dan kerugian penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.
  • Gunakan alat teknologi (multimedia, alat persentasi, dan lain-lain) untuk menulis, berkomunikasi dan mempublikasikan aktivitas individu.
  • Gunakan telekomunikasi  secara efektif untuk mengakses informasi di tempat yang jauh, berkomunikasi dengan orang lain dan mencari informasi yang menarik secara personal.
  • Gunakan telekomunikasi dan sumber daya online untuk berpartisipasi dalam proyek pembelajaran bersama.
  • Gumakan sumberdaya teknologi ( kalkulator, alat pengumpul data video, dan software pendidikan) untuk aktifitas pemecahan masalah.

Grade 6 Sampai 8
  • Aplikasi strategi untuk mengidentifikasi dan memecahkan problem hardware dan software yang muncul dalam penggunaan sehari-hari.
  • Tunjukkan pengetahuan tentang perubahan dalam teknologi informasi dan efeknya terhadap lapangan kerja dan masyarakat.
  • Gunakan alat spesifik, software, dan simulai untuk mendukung pembelajaran dan riset.
  • Desain, kembangkan, publikasikan, paparakan produk (seperti halaman web dan rekaman video)
  • Teliti dan evaluasi akurasi, relevansi, dan bias dari sumber informasi elektronik yang berkaitan dengan problem dunia nyata.

Grade 9 Sampai 12
  • Identifikasi kapabilitas dan keterbatasan teknologi kontemporer dan nilailah potensi system dan layanan ini untuk memenuhi kebutuhan personal dan pekerjakaan.
  • Gunakan sumber daya teknologi untuk mengelola dan mengomunikasikan informasi personal dan professional (seperti keuangan, jadwal, alamat, pembelian, dan korespondensi)
  • Gunakan informasi online secara rutin untuk memenuhi kebutuhan riset, publikasi, komunikasi, dan produktivitas.
  • Pilih dan aplikasikan alat teknologi untuk riset, amalisis informasi, dan pemecahan problem dalam pembelajaran materi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar